Akik

Tips Mengkilatkan Batu Akik


Akik Stone
Adakalanya sebuah  Akik  yang digunakan secara terus menerus bisa berubah dan menjadi kusam, baik berupa batu cincin, liontin atau jenis perhiasan lain. Perubahan itu pada umumnya karena gesekan atau benturan dengan benda lain yang biasanya terjadi secara tidak sengaja sehingga menimbulkan bekas goresan pada permata atau sebaliknya jika batu itu memiliki kekerasan rendah, maka batu itu yang akan tergores.

Maka dari itu, agar batu akik tetap terlihat indah dan selalu mengkilap sebaiknya lakukan perawatan. Anda bisa melakukan sendiri atau minimal usahakan agar permata tidak terlalu sering bergesekan dengan benda keras lain jika sedang dikenakan. Namun jika anda memiliki permata yang sudah terlanjur banyak goresan dan buram bisa dilakukan penggosokan ulang agar bisa mengkilat kembali seperti semula.

Berikut ini cara mengkilatkan batu permata kusam dan banyak goresan agar kembali berkilau dan mengkilap :
  1. Gosok batu menggunakan bambu. Sebenarnya ada banyak jenis bambu, namun secara umum     bambu bisa dibedakan antara bambu halus dan bambu agak kasar. Jika batu tergores bisa menggunakan bambu agak kasar tapi jika ingin mengkilapkan saja bisa menggunakan bambu halus (petung).
  2. Menggunakan klaras pisang atau daun pisang yang sudah mengering, caranya cukup ambil daun pisang yang kering lalu bagian bawahnya diberi alas yang lembut kemudian gosok batu secara banyak direkomendasikan para pedagang batu cincin. Jadi disaat iseng bisa sambil menggosok cincin yang dikenakan pada celana atau lainnya. 
  3. Menggunakan serbuk intan, penggunakan serbuk ini biasanya untuk membuat permata agar halus dan mengkilap dapat di peroleh di toko permata. 
  4. Gunakan alumunium foil bekas bungkusan rokok, lipat hingga bisa digunakan lalu gosok secara perlahan kesemua bagian batu permata. 
  5. Gunakan kulit asli untuk memoles batu, poles dengan satu arah. berulang-ulang.
Lakukan perawatan dan jagalah kebersihan batu akik anda secara rutin dan teratur, sehingga keindahan batu akik anda bisa dipertahankan. Semoga beberapa tips cara mengkilapkan batu akik diatas bisa menambah wawasan kita dalam bidang batu akik yang saat ini sedang menjadi trend.

0 Response to "Akik"

Post a Comment